Dalam kamus KBBI
visi diartikan sebagai pandangan atau
wawasan ke depan, atau apa yg tampak dalam khayalan. Sedangkan
misi ialah aplikasinya atau sebagai metodenya. Dengan kata lain visi adalah
tujuan sedangkan misi adalah jalannya.
Sahabat alumni
yang budiman, apakah kita tahu visi dan misi pesantren dartaq? Jika belum tahu,
yuk sama-sama kita bahas. Visi pesantren dartaq ialah : “ terciptanya
manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah, serta menguasai ilmu
agama (tafaqquh fiddin), ilmu umum dan teknologi.”
Visi yang kita
miliki begitu indah, bahkan kalau saya boleh katakan visi ini sangat wah
dan sepektakuler. Tetapi secara peraktiknya begitu berat untuk dilaksanakan.
Bertaqwa, berakhlaq, dan berilmu, dari ketiga unsur kata ini manakah yang sudah
dominan dilaksanakan, atau manakah yang sudah mendekati??
Bagaimana dengan
ketaqwaan kita saat ini?? Taqwa secara garis besar diartikan menjalankan segala
perintahNYA dan menjauhi segala larannganNYA. Apakah peran ini sudah betul
betul ditanamkan?? Atau malah diabaikan?
Jika kita lebih
dalam lagi terkait makna taqwa, Syaidina Ali ra tidak hanya mengartikan makan
takwa seperti diatas yang terkesan sangat umum. Tetapi menurut Ali ra makna
taqwa ialah : al-khaufu min al-jalîl wa al-‘amalu bi at-tanjîl wa al-qanâ’atu
bi al-qalîl wa al-ist’idâdu liyaumi ar-rakhîl.... memiliki rasa takut
kepada Allâh, mengamalkan al-Qur’an, qanaah dengan yang sedikit, serta
mempersiapkan diri untuk akhirat. Bagaimana dengan yang ini??
Lalu, bagaiamana
dengan akhlaqul karimah dan kelimuan kita saat ini?? Sudah sampai
ketingkat mana??
Yuk kita baca
juga Misi pesantren. Misinya adalah sebagai berikut : Pertama, menjadikan
agama Islam sebagai ruh dan landasan hidup yang kokoh bagi generasi berikutnya. Kedua, membentuk generasi yang
cerdas, terampil, kreatif, serta memiliki semangat hidup yang tinggi. Ketiga,
menyiapkan calon pemimpin masa depan yang mempunyai kepekaan sosial, dan menguasai imtaq dan iptek.
Sebagai alumni,
nilai-nilai itu sudah adakah dalam diri kita??
Tidak ada komentar: